Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung - Hallo sahabat wisata alam indonesia, Pada sharing kali ini yang berjudul Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung, saya telah menyediakan artikel. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia artikelnya.

Judul wisata : Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

lihat juga


Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Ingin berkunjung ke tempat wisata di Bandung yang seperti surga dunia? Anda bisa menemukan tempat tersebut di kawah putih Ciwidey, pemandangan di sini memang benar-benar menakjubkan, bahkan harga tiket masuknya pun terjangkau (Informasi detail mengenai HTM bisa Anda baca di bawah nanti). Jika Anda mendengar kawah putih, berarti Anda mungkin sudah mengetahui bahwa tempat objek wisata ini di daerah pegunungan, ya itu benar apa adanya. Wisata alam ini berlokasi di daerah Ciwidey provinsi Jawa Barat. Di sini Anda dapat menemukan danau yang asalnya karena letusan gunung Patuha. Mari baca selengkapnya.

Sejarah dari kawah putih Ciwidey


Kawah Putih Ciwidey - tempat wisata di bandung yang menawan

Kawah putih ini terbentuk karena letusan gunung Patuha yang hebat di abad 10. Bahkan ketika itu, tidak seperti sekarang, orang-orang masih banyak beranggapan jika wilayah ini merupakan kawasan angker sebab banyak burung yang lewat daerah ini dan kemudian mati, tentu saja ini merupakan kepercayaan orang-orang, padahal penyebabnya bukan karena angker. Namun ketika tiba tahun 1837, ada ahli yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn akhirnya memutuskan melakukan penelitian di sana untuk menemukan penyebabnya. Dan hasil yang didapat oleh dokter tersebut adalah puncak gunung Patuha terdapat bau belerang menyengat. Karena itulah, kawasan tersebut kemudian akhirnya menjadi objek wisata, banyak orang yang tertarik menuju ke sini. Dan sejak tahun 1987 pemerintah turut turun tangan untuk mengembangkan kawah putih ini sebagai objek wisata. Dan sekarang sudah mulai terkenal, selain Tangkuban Perahu yang juga merupakan wisata alam lainnya di kota Bandung.

Harga tiket masuk (HTM) Kawah Putih Ciwidey; Bandung

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa harga tiket masuk ke sini dibilang terjangkau. Anda cukup membayar Rp. 15.000,00 saja untuk menikmati keindahan kawah putih. Memang untuk wisatawan mancanegara harus membayar lebih mahal yaitu 2x lipat dibandingkan harga tiket masuk wisatawan lokal. Wisatawan mancanegara harus membayar Rp. 30.000,00 untuk tiket masuknya.

Di sini juga karena jarak yang jauh dari pintu masuk menuju puncaknya, sekitar 5 km, Anda membutuhkan bantuan transportasi. Jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 5 km, belum lagi jalannya menanjak naik, bisa seharian jika berjalan kaki. Tetapi jangan khawatir, karena dengan tambahan biaya Rp. 10.000,00 / orang, Anda dapat menggunakan alat transportasi ontang anting untuk pulang pergi ke puncaknya. Ontang anting ini bukanlah kendaraan tradisional melainkan sebuah mobil, hanya diberi nama ontang anting karena itu jika diterjemahkan dari bahasa Sunda memiliki arti mondar mandir. Ya, mobil ini memang akan mondar mandir mengantarkan para wisatawan naik dan turun puncak. Sekian artikel mengenai Kawah Putih Ciwidey – Tempat wisata di Bandung, Semoga anda dapat menikmati liburan anda dengan penuh suka cita.





Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, suhu udara di kawasan wisata Kawah Putih tentu saja dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca. Kawah Putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang, Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila Anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan. Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, yaitu seperti :
  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
  • Pusat informasi
  • Restoran dan warung makanan
  • Toilet
Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Harga tiket masuk Wisata Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu Rp. 15.000 per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan adalah sebagai berikut :
  • Parkir atas (mobil)  :  Rp. 150.000
  • Parkir atas (motor)  :  Rp. 35.000
  • Ontang-anting  :  Rp. 13.000
  • Parkir bawah (mobil)  :  Rp. 6.000
  • Parkir bawah (motor)  :  Rp. 5.000
  • Parkir bawah (bus)  :  Rp. 25.000
Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah, bus tidak dapat parkir di atas. Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik kendaraan umum yang telah disediakan oleh tempat wisata Kawang Putih Ciwidey ini untuk menuju ke puncak kawah. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan ini.

Gambar Tempat Wisata Kawah Putih

Kawah putih adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dituju wisatawan terutama di hari libur. Pemandangan kawah yang didominasi warna putih kehijauan menjadi daya tarik yang paling diminati oleh para pengunjung.

Kamera adalah benda penting yang tidak boleh dilupakan jika Anda berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih, sangat sayang jika momen ketika Anda berada disana tidak diabadikan dalam sebuah foto ataupun video. Berfoto bersama teman, keluarga ataupun kekasih di pinggiran kawah bisa menjadi pengingat betapa indahnya wisata alam yang berada di Bandung ini.

Akses jalan menuju kawah putih juga mudah, bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa naik bus atau mini bus dari terminal Leuwi Panjang jurusan Bandung-Ciwidey dan akan berhenti di terminal Ciwidey, dari terminal ciwidey naik Angkot / Angkutan Umum jurusan ciwidey-situ patengang dan minta kepada supirnya untuk diturunkan di depan pintu gerbang kawah putih, dari gerbang Anda cukup mencari loket tiket untuk membayar angkutan umum resmi untuk naik ke atas / ke tempat tujuan kawah putih (turunnya ga perlu bayar lagi).

Baca juga: Daftar objek wisata Bandung lengkap

Bagi Anda yang menggunakan motor /kendaraan roda dua juga tidak bisa sampai ke lokasi Kawah putih diatas, Anda diharuskan parkir di gerbang dan harus membeli tiket angkutan umum untuk menuju ke lokasi kawah putih (ketika Anda menitipkan helm di tempat penitipan helm, Anda akan dianjurkan untuk membeli masker seharga 5rb rupiah / 10rb 2pcs. Jadi sebaiknya Anda membawa masker dari rumah). Untuk kendaraan roda empat/mobil bisa membawa mobilnya langsung ke lokasi tujuan diatas akan tetapi harga tiketnya cukup mahal jika Anda hanya satu-dua orang (harga tiket per mobil, bukan per orang didalamnya).

Bagi Kamu yang ingin berkunjung ke kawah putih sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali, karena sekitar jam 2-3 sore biasanya cuaca di kawah putih mendung dan cenderung hujan, Kamu tidak bisa menikmati pemandangan kawah putih jika hujan, karena kawahnya juga akan tertutup kabut yang cukup tebal.

Foto-foto Kawah Putih Bandung

Kumpulan Foto Wisata Kawah Putih
Kumpulan Foto Wisata Kawah Putih

Wisata Kawah Putih Bandung
Wisata Kawah Putih Bandung

Tempat Wisata Kawah Putih
Tempat Wisata Kawah Putih


Demikianlah Artikel Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Sekian Artikel Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tentang wisata kali ini.

Anda sedang membaca artikel Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung dan artikel ini url permalinknya adalah http://whereisgodfrom.blogspot.com/2015/03/keindahan-alam-yang-menakjubkan-di.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Keindahan Alam yang Menakjubkan di Kawah Putih Ciwidey Bandung"

Posting Komentar