10 Alasan Berlibur ke Toraja

10 Alasan Berlibur ke Toraja - Hallo sahabat wisata alam indonesia, Pada sharing kali ini yang berjudul 10 Alasan Berlibur ke Toraja, saya telah menyediakan artikel. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia artikelnya.

Judul wisata : 10 Alasan Berlibur ke Toraja

lihat juga


10 Alasan Berlibur ke Toraja


KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan berfoto dengan latar belakang rumah adat Toraja di Pallawa, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).

Mau kemana liburan akhir tahun ini? Dari sekian banyak destinasi pilihan, Tana Toraja di Sulawesi Selatan bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang wajib Anda kunjungi. Keeksotisan Tana Toraja terbukti telah banyak memikat wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung.

Hingga tahun 2013, Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja mencatat pelonjakan 30 persen kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 19.324 orang dibanding tahun 2012. Bahkan kunjungan wisatawan domestik di tahun 2013  meningkat tajam lebih dari 100 persen yaitu sebanyak 42.319 orang dibandingkan tahun 2012.

Jika belum pernah pergi ke "Tanah Para Raja" ini, berikut 10 Alasan untuk anda berlibur ke Tana Toraja:

1. Melihat mayat berjalan (Ma’Nene).
2. Menyaksikan upacara pemakaman khas Toraja (Rambu Solo).
3. Uji Nyali di Londa.
4. Mengunjungi kuburan bayi yang ditanam di dalam batang pohon.
5. Taman Seratus Menhir.
6. Ada Kerbau seharga Rp 1 miliar (Tedong Saleko), yang merupakan kerbau endemik Toraja yang sangat sulit di dapat dan  mahal karena digunakan untuk ritual keagamaan.
7. Rumah Tongkonan yang  unik.
8. Rating 5 di situs Trip Advisor
9. Festival Lovely December 2014.
10. Bisa Liburan sampai puas dan gratis.

Tana Toraja dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam melalui jalan darat dari Makassar melewati Pare-Pare dan Enrekang. Begitu memasuki kawasan Tana Toraja, anda akan serasa dikirim oleh mesin waktu kembali ke masa lalu, masa purbakala. Suasana yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.


KOMPAS/LASTI KURNIA Situs Purbakala Bori Parinding.
Tana Toraja merupakan salah satu tempat konservasi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terawat hingga kini, sehingga pemerintah Indonesia mengajukan kawasan wisata di Sulawesi Selatan ini ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia sejak 2009.

Keeksotisan Tana Toraja ini telah banyak mengundang wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung. Keunikan adat istiadat masyarakat Tana Toraja yang sangat menjaga tradisi para leluhur inilah yang membuat para wisatawan antusiasme berkunjung ke tempat yang terkenal dengan upacara pemakaman Rambu Solo dan upacara mayat berjalan Ma’ Nene yang berlangsung tiga tahun sekali ini.

Masyarakat Tana Toraja percaya bahwa adat istiadat harus selalu dipelihara, karena jika tidak maka dapat mempersulit kehidupan mereka yang telah dibangun sejak zaman nenek moyang. Meski memiliki kelimpahan sumber daya alam seperti kopi, masyarakat Tana Toraja juga menjalani hidup dengan penuh kesederhanaan, karena mereka meyakini bahwa hidup adalah untuk mempersiapkan kematian.

Jadi tak lengkap rasanya, jika tidak mengunjungi situs pemakaman tradisional masyarakat Toraja yang berada di atas bukit batu. Selain itu, ada juga tempat pemakaman bayi yang belum tumbuh gigi, yang ditempatkan di sebuah batang pohon.

Jangan lewatkan juga, untuk mengunjungi tempat pengolahan dan mencicipi kenikmatan kopi Toraja yang sudah sangat terkenal.

Sebagai referensi bagi anda untuk menikmati liburan ke Tana Toraja, di bulan Desember ini Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara kembali mengadakan program tahunan "Lovely December" guna meningkatkan kunjungan wisatawan.


KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kuburan batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun di Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).
Untuk tahun ini, bambu menjadi tema sentral kegiatan, mulai dari pentas seni hingga fasilitas pendukung lainya menggunakan bambu, sehingga tema yang diangkat adalah "I Love Bamboo".

Jika anda mau liburan gratis ke Tana Toraja, simak saja terus dan ikuti program kuis "LEPAS" (Liburan Sampai Puas) di Radio Motion 97,5 FM yang bekerja sama dengan TX Travel.

Lewat kuis "LEPAS", Motion dan TX Travel mengajak 2 orang terpilih setiap bulannya untuk liburan gratis ke berbagai lokasi wisata di Indonesia, termasuk Tana Toraja yang menjadi tujuan liburan di bulan Desember. Semua tiket, akomodasi hingga makan ditanggung oleh Motion FM dan TX Travel. (Motion FM/Derry)


Demikianlah Artikel 10 Alasan Berlibur ke Toraja

Sekian Artikel 10 Alasan Berlibur ke Toraja, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tentang wisata kali ini.

Anda sedang membaca artikel 10 Alasan Berlibur ke Toraja dan artikel ini url permalinknya adalah http://whereisgodfrom.blogspot.com/2014/12/10-alasan-berlibur-ke-toraja.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "10 Alasan Berlibur ke Toraja"

Posting Komentar