10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia - Hallo sahabat wisata alam indonesia, Pada sharing kali ini yang berjudul 10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia, saya telah menyediakan artikel. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia artikelnya.

Judul wisata : 10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

lihat juga


10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia - Purwakarta merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Barat dan sebagian wilayah Utara, Kabupaten Subang di bagian Utara dan sebagian wilayah bagian Timur, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Purwokerjo juga mempunyai makanan khas yang sangat menarik untuk kita mencicipinya, makanan khas Purwokerto yang terkenal salah satunya adalah sate maranggi , yaitu sate yang terbuat dari bahan dasar daging sapi, langsung saja berikut adalah daftar makanan khas Purwokerto alsi Indonesia :

1. Sate Maranggi


Sate Maranggi

Sate maranggi Purwokerto ini memang berbeda dari sate lainnya. Bahan baku menggunakan daging sapi dan kambing muda. Daging tersebut diberi bumbu rempah sebelum dibakar di atas bara. Proses pembakaran dilakukan dengan sempurna sehingga daging yang dihasilkan terasa empuk, Saat dihidangkan, sate tidak diberi bumbu kacang melainkan bumbu kecap yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit yang dihaluskan. Kemudian ditambahkan tomat segar yang di iris-iris atau biasa disebut acar tomat. Perpaduan manis kecap, asam dan pedas pun langsung terasa di lidah.

2. Colenak


Colenak

Colenak merupakan makanan khas Purwokerto yang berbahan dasar peuyeum yang di beri  bumbu manis yang terbuat dari kelapa dan gula merah atau yang biasa di sebut enten-enten kemudian di kasih taburan kacang garing yang disangrai.

3. Simping Kaum 



Simping Kaum

Simping merupakan makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Siming kaum ini bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, umumnya berwarna putih, Simping kaum ini mempunyai rasa gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (rambut-rambutan). simping terdiri dari beberapa rasa antara lain: keju, kencur, jahe, strawberry, coklat, nangka, pandan. jika anda pergi ke purwokerto jangan lupa untuk mencobanya,

4Opak



Opak

Opak Purwokerto ini biasanya terbuat dari tepung beras. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras, garam, gula, dann bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat .

5. Rengginang



Rengginang

Rengginang ini makanan yang terbuat dari ketan yang di kukus lalu pipihkan, kemudian di jemur sampai kering. setelah kering rengginang ini bisa di goreng sampai matang. rasa rangginang ini gurih, rengginang ini biasa jadi makanan cemilan bagi masyarakat purwokerto, rengginang ini juga mempunyai aromanya wangi dan rasanya renyah jika di gigit. rangginang ini biasanya ada 2 macam, ada yang terbuat dari ketan putih dan ada juga yang terbuat dari ketan hitam.

6. Kue Lompong



Kue lompong

Kue lompong ini ialah kue yang  terbuat dari adonan  tepung beras ketan, gula kelapa, gula  pasir dengan  isi bulir kacang tanah  di dalamnya. Kue lompong menjadi menarik  karena bentuknya seperti kue mata sapi tetapi  berwarna hitam.Talas atau lompong yang dilumatkan dan dicampur ke dalam adonan kue menjadikan warna hitam pada kue ini. Sebagai pembungkus kue ini yaitu daun pisang yang sudah kering atau bisa di sebut klaras.

7. Carang gesing



Carang gesing

Carang gesing adalah kolak santan mentah dan buah pisang diiris-iris disatukan ditum (bungkus daun per porsi) kemudian di kukus seperti kukus pepes, setelah masak diangkat, makannya denggan membuka daunnya dan didalamnya kolak namun dikukus dengan alat kukus nasi. Harum baunya karena daun pandannya beraroma wangi.

8. Nasi Megono


Nasi Megono

Nasi Megono yaitu nasi urap yang dicampur dengan kelapa muda dan sayur-sayuran/kuluban, menu ini dahulu sebagai kelengkapan sesaji saat akan Wiwit, memulai memanen padi , dengan upacara adat secara kecil masyarakat Purwokerto.

9. Geblek


Geblek

Geblek ialah makanan yang terbuat dari tepung singkong yang dibentuk seperti cincin, digoreng gurih biasa disajikan panas dengan bumbu pecel.

10.Lanting


Lanting

Makanan lanting ini bahan dan bentuknya hampir sama dengan geblek, hanya saja ukurannya lebih kecil. Setelah digoreng lanting terasa lebih keras daripada geblek. Namun tetap terasa gurih dan renyah.

Gimana banyak kan makanan khas Purwokerto? . ok sobat makanan khas porwokerto memang banyak dan sangat menarik lagi atau mungkin tambah banyak lagi jika sobat ber kunjung ke Purwokertonya sendirim di jawa barat selain makanan khas purwokerto juga ada makanan Sukabumi yang tak kalah enaknya.


Demikianlah Artikel 10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia

Sekian Artikel 10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan tentang wisata kali ini.

Anda sedang membaca artikel 10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia dan artikel ini url permalinknya adalah http://whereisgodfrom.blogspot.com/2014/10/10-makanan-khas-purwokerto-asli.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "10 Makanan Khas Purwokerto Asli Indonesia"

Posting Komentar